Minggu, 29 November 2009

Interrupt

Interrupt adalah sinyal yang menginformasikan kepada program bahwa terdapat kejadian tertentu pada sistem komputer. Jika program menerima sinyal interrupt, maka dibutuhkan langkah khusus. Sinyal interrupt dapat menyebabkan sebuah program tidak berjalan sementara waktu untuk beralih melayani interrupt.

Untuk memungkinkan terjadinya interrupt ini pada sebuah sistem komputer, CPU memiliki sebuah jalur khusus terhadap suatu chip pengatur interrupt eksternal (bagian dari chipset), yang berisi database sederhana yang dikenal dengan interrupt vectors.

Ketika sebuah interrupt terjadi pada chip, maka CPU menyimpan informasi terakhir yang dia kerjakan, berulah dia mengerjakan sesuai dengan informasi yang ada pada interrupt vector tesebut. Interrupt vector ini sebenarnya hanya sebuah nama istilah yang berisi informasi tentang selaan yang terjadi, kalau diselidiki di dalamnya, isinya adalah berupa tabel yang berisi angka-angka). Pada interrupt vector inilah ditemukan kemana dan apa proses berikutnya yang harus dilaksanakan oleh komputer. Ketika pekerjaan interrupt tadi selesai dilaksanakan, maka komputer melakukan pelacakan kembali apa pekerjaan sebelumnya yang sedang dilaksanakannya.

Pada waktu menerima sebuah interrupt, komputer membagi interrupt tersebut dalam berbagai level, tergantung dari CPU yang digunakan. Contohnya pada komputer yang digunakan untuk pekerjaan yang cukup membutuhkan konsentrasi dari CPU, maka CPU tersebut memungkinkan untuk mengabaikan interrupt yang prioritasnya rendah, katakanlah pengetikkan yang dilakukan oleh seorang user melalui keyboard, namun komputer tersebut akan memberikan respon yang sangat cepat apabila terjadi gangguan pada memori yang digunakannya.

Sinyal interrupt dapat terjadi karena berbagai hal. Sebagai contoh, setiap ketukan keyboard akan menghasilkan sebuah sinyal interrupt. Interrupt dapat juga dihasilkan oleh piranti lainnya seperti printer, untuk mengindikasikan bahwa sesuatu telah terjadi. Hal ini disebut dengan interrupt hardware. Sinyal interrupt yang disebabkan oleh program disebut interrupt software.

PC mendukung 256 jenis interrupt software dan 15 interrupt hardware. Setiap jenis interrupt software dihubungkan dengan sebuah interrupt handler, yaitu sebuah rutin yang mengendalikan ketika terjadi interrupt. Jika sebuah tombol keyboard ditekan, maka akan memicu sebuah interrupt handler khusus. Daftar lengkap interrupt dan interrupt handler yang bersesuaian disimpan pada sebuah tabel yang disebut interrupt vector table, yang disimpan pada 1 K pertama area memori. (dna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar